Doctor Blade | Pisau Printing – Doctor Blade atau yang biasa dipanggil pisau printing merupakan bagian penting dalam pencetakan industri. Meskipun ada banyak metode pencetakan, ada dua metode utama yang menggunakan Doctor Blade, yaitu pencetakan rotogravure (gravure), dan flexographic (flexo).

doctor blade swedcut

Baik dalam pencetakan gravure dan flexo, doctor Blade berfungsi untuk
mengurangi jumlah tinta pada silinder printing pada saat proses cetak sedang berlangsung.

Peranan pisau printing dalam proses ini sangat penting yaitu untuk memastikan agar sebaran tinta (ink dispersion) tetap merata pada seluruh permukaan cetak (printing film), sehingga kualitas cetak (warna dan gradasi) untuk setiap bagian film sesuai dengan yang diinginkan.

Proses pengikisan tinta oleh doctore blade

Ini dilakukan dengan menyeka permukaan silinder dari kelebihan tinta sementara silinder berputar dalam persediaan tinta.

Doctor Blade biasanya terbuat dari baja karbon khusus dan dipanaskan dengan kekerasan yang memungkinkannya untuk dipakai dengan sangat lambat. Silinder pencetakan membawa gambar yang akan dicetak. Itu terbuat dari inti baja yang dilapisi dengan paduan tembaga khusus.

Swedish Steel (baja Swedia) terkenal sebagai salah satu material logam baja dengan kualitas terbaik di dunia. Perusahaan manufaktur kami telah membuat berbagai macam jenis Doctor Blade dengan berbagai macam komposisi alloy (campuran logam) berbasis Swedish Steel agar performa Doctor Blade bisa mencapai titik terbaiknya dari segi material dasar.

Doctor blade swedcut

Doctor Blade kami memiliki kualitas yang sangat tinggi. Selain, dari segi material, perusahaan manufaktur kami menerapkan “100% total quality check” pada straightness level produk Doctor Blade kami.

Artinya, dapat dipastikan bahwa produk Doctor Blade kami memiliki deviasi yang sangat rendah (1 mm lengkungan untuk setiap panjang 3 meter) setelah proses pabrikasi selesai.

Kami menyadari pentingnya hal ini, mengingat bahwa titik kontak Doctor Blade dan silinder printing harus dalam kondisi yang stabil dan merata untuk memberikan kualitas cetak terbaik.

proses produki doctor blade

Selain kualitas logam yang baik, doctor blade juga diberi pelapisan “coating” yang berfungsi sebagai lapisan luar tambahan untuk melindungi Doctor Blade dari tinta yang bersifat abrasif/korosif dan juga gesekan fisik selama proses printing yang mana seringkali cepat merusak Doctor Blade.

proses pembuatan doctor blade

Oleh karenanya, penggunaan coating ini dapat meningkatkan umur pakai (life-time) Doctor Blade Anda, sehingga diharapkan efektivitas produksi menjadi meningkat dan juga frekuensi penggantian Doctor Blade menjadi lebih rendah.

Penggantian Doctor Blade yang terlalu sering tidak hanya membuat Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli Doctor Blade lebih banyak, tetapi juga membuat proses produksi Anda menjadi terhambat. Sehingga, kami harapkan penggunaan coating ini dapat meningkatkan performa proses percetakan perusahaan Anda.

Pemilihan mata pisau (edge) Doctor Blade bervariasi antara pengguna mesin printing yang satu dan lainnya sesuai dengan kebutuhan dan standard operating procedure perusahaan masing-masing. Pada umumnya, perusahaan percetakan rotogravure atau flexo akan memilih salah satu atau beberapa bentuk mata pisau Doctor Blade.

Doctor Blade diproduksi dalam berbagai ukuran dan bentuk. Bilah baja dapat berkisar dari 0,004 ”(0,10 mm) hingga 0,010” (0,25 mm). Mereka juga dapat memiliki bentuk khusus agar sesuai dengan aplikasi.

Bentuk yang paling sering digunakan di kedua gravure dan flexo disebut ujung lamella. Tip ini adalah area step yang diperkecil yang biasanya 0,060 ”(1,4mm) lebar dan biasanya ½ dari ketebalan logam dasar.Pisau khas yang banyak digunakan adalah .006 ”(0,15mm) tebal dengan lamella tebal 0,003” (0,075mm)

Contoh Doctor Blade Untuk Rotogravure

Doctor Blade  Pisau Printing

Lamella memungkinkan blade dokter untuk mengukur sel tinta yang sangat halus tanpa meninggalkan tinta di area silinder yang tidak dirancang untuk dicetak. Mata pisau dokter dan silinder cetak dapat berkisar dari 7 “hingga 120”.

Doctor Blades akan bertahan dari satu shift kerja hingga beberapa hari. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kehidupan bilah dokter. Jenis tinta, warna tinta, dan permukaan silinder semuanya dapat memengaruhi masa pakai blade.

Selain semua ini, cara operator pers menetapkan sudut dan tekanan blade dokter pada silinder dapat memiliki efek besar pada blade dan bahkan umur silinder.

Apabila Anda membutuhkan Doctor Blade | Pisau Printing bisa menghubungi kami, karena kami jual doctor blade pisau printing.