Antistatic Bonato | Kegunaannya pada Berbagai Industri – Antistatic merupakan sebuah alat/material yang digunakan untuk mengurangi, menghilangkan, atau mencegah adanya penumpukan dan akumulasi listrik statis.

Antistatic Bonato

Apa itu listrik statis ?

Listrik statis adalah sebuah kondisi dimana terjadi ketidakseimbangan listrik pada permukaan material yang dapat berinteraksi dengan benda-benda disekitarnya.

Apa itu listrik statis

Pada gambar diatas, ketika jumlah muatan positif dan negatif sama maka akan terjadi keseimbangan pada atom/molekul tersebut.

Sementara ketidakseimbangan terjadi ketika sebuah atom (atau molekul) memperoleh atau kehilangan satu elektron. Elektron berpindah dengan mudah dari satu atom ke atom lainnya.

Mereka membentuk ion positif (kedaaan dimana ada elektron yang hilang) atau ion negatif (keadaan dimana terdapat elektron ekstra). Ketidakseimbangan jumlah ion positif dan negatif ini akhirnya menyebabkan listrik statis yang diilustrasikan dengan gambar dibawah :

static electricity

Bagaimana listrik statis dihasilkan?

Listrik statis dapat dihasilkan dari beberapa faktor :
1.Ketika terjadi kontak atau pemisahan antara dua material (termasuk gesekan, pemisahan dari roller, dsb.)
2.Terjadi perubahan panas yang cepat(material dingin yang masuk ke oven/heater)
3.Radiasi energi yang tinggi, sinar UV,Sinar-X, medan listrik yang tinggi(jarang terjadi di industri)
4.Proses pemotongan(misalnya slitter atau sheet cutter)
5.Proses induksi(ketika berada di dekat medan listrik yang bermuatan statis)

Analogi mudah bagaimana listrik statis dapat dihasilkan, dapat digambarkan sebagai berikut :

Sebelum menyentuh roller, muatan pada plastik film adalah netral. Ketika material menyentuh roller, muatan kecil mengalir dari material ke roller menyebabkan ketidakseimbangan. Saat bahan meninggalkan roller dengan ketidakseimbangan tadi, itulah yang menyebabkan adanya muatan listrik statis.

Muatan listrik statis dapat menyebabkan ketidaknyamanan seperti tarikan debu dan berbagai kotoran lainnya. Ketidaknyamanan ini dapat menyebabkan gangguan produksi dan bahkan menciptakan situasi berbahaya seperti menyetrum orang, logam dan benda lain, ledakan, kebakaran, dan sebagainya.

bahaya kebakaran, sengatan listrik

Industri-industri yang membutuhkan antistatic

Antistatic memiliki peranan penting di berbagai industri, seperti :
1.Industri tekstil
2.Industri converting
3.Industri pengecatan
4.Industri kayu
5.Industri pengemasan
6.Industri plastik
7.Industri percetakan
8.Industri pelabelan

Salah satu contohnya di industri printing, listrik statis menjadi bahaya yang tidak dapat dihindari khususnya pada mesin seperti rotogravure dan flexographic.

 rotogravure dan flexographic

Oleh sebab itu pada industri printing penggunaan antistatic menjadi penting untuk dipakai oleh beberapa mesin seperti rotogravure dan flexographic seperti gambar dibawah :

Beberapa bahaya yang dapat disebabkan listrik statis pada berbagai industri :

1. Electro-Static Attraction or Repulsion

Merupakan sebuah masalah yang sering ditemukan pada industri plastik, kemasan, kertas, tekstil dan sejenisnya. Dimana produk yang saling menempel, tolak-menolak, menempel pada mesin, adanya debu yang tertarik, dan lilitan yang salah

Gaya tarik menarik ini dapat digambarkan dengan hukum coulomb

gaya tarik

Tingkat keparahan masalah secara langsung berkaitan dengan ukuran muatan statis dan jarak antara benda-benda yang tertarik atau ditolak.

2.Fire Risk – EX Areas

Merupakan bahaya lainnya yang dapat ditemui ketika terdapat listrik statis. Adanya resiko kebakaran khususnya pada industri percetakan rotogravure dan lainnya yang menggunakan combustible solvent(pelarut yang mudah terbakar)

Solvent(thinner) adalah campuran zat homogen yang berfungsi untuk mengencerkan zat pewarna dan resin sehingga menjadi agak encer dan dapat disemprotkan selama proses pengecatan.

Adanya muatan statis pada film dapat melepaskan percikan dan ketika terkena larutan ` solvent dapat menimbulkan api/kebakaran.

Kemampuan pelepasan untuk menyebabkan percikan tergantung pada banyak
Variabel seperti :
1.Tipe pelepasan
2.Kecepatan pelepasan
3.Sumber pelepasan
4.Energi pelepasan
5.Adanya lingkungan yang mudah terbakar

3.Shocks to Operators

Shock to operators atau sengatan listrik bagi pekerja merupakan bahaya lainnya yang dapat diakibatkan oleh listrik statis. Ada dua penyebab utama yaitu :

Induction charging

Secara sederhana, induction charging dapat terjadi ketika seseorang berdiri didekat medan listrik suatu benda yang bermuatan, maka tubuhnya dapat diinduksi oleh muatan tersebut. Muatan ini akan tinggal dalam tubuh pekerja selama menggunakan sepatu insulator kemudian ketika menyentuh mesin, maka muatan akan berpindah dan pekerja akan tersengat.

induction charging

Shocks from the Product

Sengatan dari produk/material merupakan kondisi yang jarang terjadi namun tetap memungkinkan. Dimana sebuah benda(logam) yang berada di medan listrik kemudian terinduksi dan bermuatan, kemudian tersentuh oleh pekerja maka akan langsung menimbulkan sengatan listrik.

4. Electro-Static Discharge in Electronics

Bahaya ini biasanya sering ditemui pada industri-industri elektronik. Muatan listrik statis yang ada di tubuh pekerja, akan merusak lapisan oksida tipis pada MOS atau lapisan perangkat lainnya. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan atau kecacatan pada produk yang tentunya akan merugikan perusahaan.

Electro-Static Discharge in Electronics

Adakah solusi untuk mengatasi masalah listrik statis ini?

Elettromeccanica Bonato hadir menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah listrik statis pada industri anda. Perusahaan yang berbasis di Italia ini telah berpengalaman dalam membantu banyak industri untuk menghilangkan atau setidaknya mengurangi masalah yang disebabkan oleh listrik statis sejak tahun 1978.

Elettromeccanica Bonato mampu memenuhi dan menyediakan solusi khusus untuk industri-industri yang berbeda lewat beragam variasi produknya.

Produk-produk yang ditawarkan oleh Elettromeccanica Bonato adalah :

1. Alternating current systems

Antistatic bars ABSL – RC

antistatic ini dapat digunakan pada beberapa sektor seperti manufaktur tekstil, kertas, plastik, percetakan, pengemasan, dan lain-lain antistatic bars ABSL – RC dirancang untuk dipasang pada mesin yang bekerja dalam kecepatan tinggi dan sangat efektif untuk menghilangkan muatan elektrosatis

produk ini juga dilapisi dengan alumunium dan stainless steel emitor.

Antistatic bars ABSL – RC
Antistatic bars ABSL – RC

2. Antistatic tube

Antistatic tube AT-01

Tabung antistatik telah dikembangkan untuk menghilangkan muatan antistatik dari bahan yang dibawa oleh sistem pneumatik

Antistatic tube AT-01

3. Ionizing blower
Ionizers bekerja dengan menarik ion positif dan negatif dari udara dan melepaskannya menuju target bermuatan. Anda dapat menginstalnya untuk membantu menghilangkan muatan statis yang ada pada permukaan material.

Ionizing blower IF-AC

efektif pada jarak jauh dan untuk menghilangkan muatan antistatik secara signifikan.

terdiri dari kipas aksial (satu setiap 250 mm) dan 2 batang antistatis ABSL-RC, yang diumpankan oleh daya tegangan tinggi, terintegrasi dalam blower itu sendiri

4. Ionizing gun

Ionizing gun AG-02

pistol udara terkompresi transvektor yang menghilangkan muatan statis
aliran udara terionisasi ketika pelatuk ditekan, sehingga menghilangkan muatan elektrostatik yang terjadi pada permukaan produk

AG-02 dilengkapi dengan kabel tegangan tinggi yang tersedia dalam berbagai ukuran panjang dan harus dihubungkan ke power supply

5. Ionizing head

Ionizin head IH-4-FN
Terdiri dari 4 pin ionisasi, kemudian mengalirkan udara yang terkompresi dan mengarahnkannya pada pemrukaan produk
Sangat efektif dalam menghilangkan muatan elektrostatis pada permukaan produk karena tidak melepaskan ion yang tidak diinginkan

6. Ionizing nozzle

Ionizing nozzle AN-01

air ionizing nozzles memiliki fungsi ganda, membersihkan permukaan yang diinginkan dan menghilangkan muatan elektrostatik yang ada.
ionizing nozzles harus dihubungkan ke power supply anti-statis melalui kabel tegangan tinggi dan ke udara bertekanan melalui selang ukuran 6mm

alat ini bisa digunakan pada
-pengolahan plastik film

  • coils
    -mesin untuk pengemasan
  • pengolahan adhesive labels

7.Power supply

power supply menghasilkan tegangan tinggi, yang diperlukan untuk menjalankan ionizers AF4WR dapat memberi daya hingga 4 perangkat antistatik, memiliki konektor Jack eksternal, dipasang di kotak logam yang dicat, dengan sakelar kontrol ON / OFF, lampu sinyal dalam layanan dan pemutus sirkuit termal untuk perlindungan jika terjadi kesalahan

Power supply AF4WR

8. Ionizing rotating

Ionizing rotating jet IRJ-170

memiliki fungsi ganda; untuk membersihkan permukaan yang terkena dan untuk menghilangkan muatan elektrostatik

Ion rotating jet IRJ-170 sangat efektif untuk membersihkan cakupan permukaan yang lengkap, tahan lama, dan membutuhkan perawatan yang sedikit

9. Antistatic bar yang tersertifikasi ATEX

ATEX adalah singkatan dari ATmosphères EXplosives. ATEX sendiri merupakan peraturan standard dari Eropa dan merupakan sertifikasi wajib untuk semua produk yang akan dijual di Eropa

Antistatic bar EX-ABSL-RC
dirancang untuk dipasang pada mesin yang bekerja dengan kecepatan tinggi, sangat efektif dalam menghilangkan muatan elektrostatis
Emitor dihubungkan secara resistif ke tega ngan tinggi, sehingga tidak ada risiko bagi operator jika terjadi kontak yang tidak disengaja dan ini memungkinkan produktivitas batang yang lebih tinggi

10. Direct Current Systems

Antistatic yang menggunakan arus DC tidak memerlukan power supply tambahan karena memiliki power supply yang sudah terintegrasi

Antistatic IDB-7 (24 VDC)

Antistatic IDB-7 (24 VDC)

dapat digunakan pada beberapa sektor seperti manufaktur tekstil, kertas, plastik, percetakan, pengemasan, dan lain-lain

memiliki power supply yang terintegrasi sehingga tidak membutuhkan kabel tegangan tinggi

Antistatic IDB-7 (24 VDC)

Emitor (pilihan tungsten) dihubungkan secara resistif ke tegangan tinggi, sehingga tidak ada risiko bagi operator jika terjadi kontak yang tidak disengaja

11. Passive static elimination

Perangkat Anti-Statis Pasif beroperasi dengan prinsip induksi diberi energi oleh medan statis yang ada pada permukaan material. Sehingga muatan elektrostatis berpindah dari material ke perangkat antistatic. Perangkat ini jauh lebih murah dan mudah untuk dipasang.

Antistatic brush AB

anti static brush
anti static brush AB

Demikian tadi informasi mengenai Antistatic Bonato | Kegunaannya pada Berbagai Industri, semoga bermanfaat

error: Content is protected !!