Rotogravureindonesia.co.id – Cutter Non Segmented | Cutter Tanpa Ruas | Cutter Jepang – Cutter atau biasa disebut juga pisau cutter adalah alat pemotong yang sangat tajam digunakan untuk memotong sebuah benda. Pada umumnya cutter berruas sehingga mudah dipotong jika tidak tajam lagi. Tapi, cutter yang satu ini tanpa ruas atau biasa disebut Cutter Non Segmented yang di produksi di Jepang.

Cutter Non Segmented, Cutter Tanpa Ruas, Cutter Jepang
jual cutter jepang

Pisau cutter terbuat dari logam pipih yang tepinya dibuat tajam; tepi yang tajam ini disebut mata cutter, bagian yang tidak tajam disebut punggung cutter. Bagian yang tajam itulah yang bisa digunakan untuk memotong.

Saat ini cutter digunakan di berbagai sektor industri. Termasuk perkantoran dan rumah tangga Cutter sangat diperlukan untuk melakukan pekerjaan di kantor, sekolah, maupun di rumah. Saat ini ada berbagai macam bentuk cutter yang beredar, seperti cutter untuk kertas, cutter kecil, cutter yang bisa berputar, cutter pembuka amplop, dan lain sebagainya.

Sebenarnya tidak ada standar ukuran untuk pisau cutter. Namun, untuk pertimbangan kenyamaan Anda sebagai pengguna, maka produsen cutter mengeluarkan berbagai macam jenis ukuran yang berbeda.

Pada umumnya, ukuran cutter yang ada di pasaran adalah sebagai berikut:
1. Kecil (S), dengan lebar pisau sebesar 9 mm dan ketebalan pisau 0,38 mm
2. Sedang (M), dengan lebar pisau sebesar 12,5 mm dan ketebalan pisau 0,45 mm
3. Besar (L), dengan lebar pisau sebesar 18 mm dan ketebalan pisau 0,5 mm
4. Sangat besar (H), dengan lebar pisau sebesar 25 mm dan ketebalan pisau 0,7 m

Cutter Non Segmented

Berbeda dengan cutter-cutter lainnya, Cutter Non Segmented memiliki desain yang agak beda. Secara keseluruhan tampilan secara umum sama, tapi kalau di perhatikan dengan seksama di bagian bilahnya tidak ada ruas sama sekali, sehingga sangat sulit di patahkan.

Karena tidak punya ruas, maka cutter ini sering disebut Cutter Non Segmented arau cutter tanpa ruas, karena berasal dari jepang, maka sering juga disebut cutter jepang.

Mengapa Cutter Non Segmented

Lalu yang menjadi pertanyaan sekarang kenapa Cutter ini didesain dengan tanpa ruas. Apakah ada tujuannya?

Cutter tanpa ruas atau non segmented ini biasa digunakan di lingkungan industri makanan, percetakaan. Dengan menggunakan cutter nonsegmented ini, keselamatan lingkungan kerja serta kualitas produk akan lebih terjamin, mengapa demikian?

non segmented VS segmented cutter

Mari kita perhatikan ilustrasi berikut ini:
Kalau kita menggunakan cutter berruas di lingkungan pabrik/mesin ada beberapa kemungkinan yang terjadi:

1. Cutter patah secara tidak sengaja saat digunakan, ternyata patahan itu pun tidak diketahui pada saat patah jatuh dimana atau kalau meloncat, loncatnya kemana. Kalau jatuh di luar lingungan parik atau mesin akan membahayakan pekerja, dan kalau ternyata jatuh di mesin atau di produk yang sedang di proses maka akan mempengaruhi hasi produksi atau mesin.

2. Cutter di patah sengaja oleh pekerja karena tidak tajam
Pekerja tidak salah kalau mematah kan cutter karena tidak tajam lagi, tapi hasil patahan-patahan itu pun bisa membahayakan baik untuk pekerja lain maupun mesin itu sendiri.

Cutter Non Segmented | Cutter Tanpa Ruas | jual Cutter Jepang

Kedua kasus tersebut tentu tidak akan Anda alami apabila Anda menggunakan cuter nonsegmented atau cutter tanpa ruas ini. Jadi, apabila di pabrik tempat produksi menggunakan cutter gunakan Cutter Non Segmented | Cutter Tanpa Ruas | Cutter Jepang.

Kalau Anda butuh piasu untuk printing gunakan Doctor Blade.