Rotogravureindonesia.co.id – Kelebihan dan Kekurangan Kemasan Plastik. Sampai saat ini, meskipun jenis kemasan bermacam-macam, kemasan plastik berkembang begitu pesat, hal ini sejalan dengan meningkatnya permintaan masyarakat terhadap makanan-makanan berkemasan dan berkembangnya pula teknologi cetak kemasan.

Kelebihan dan Kekurangan Kemasan Plastik

Ada 4 kemasan yang akan populer di tahun ini. Salah satunya adalah kemasan plastik. Bisa dibilang kemasan dari plastik ini lebih populer dibandingkan dengan yang lainnya. Bahan ini telah mempertahankan popularitasnya selama bertahun-tahun karena kemampuannya untuk beradaptasi dan daya tahannya yang bagus. Kemasan plastik memiliki banyak kelebihan meskipun juga ada kekurangannya.

Dengan meningkatnya permintaan produk yang membutuhkan kemasan. Maka produsen makanan dan minuman pun terus mencari cara untuk meningkatkan dan menciptakan nilai tambah bagi produk mereka melalui kemasan produk.


Kelebihan dari kemasan plastik

  1. Daya tahannya lebih lama
    Plastik memiliki daya tahan yang lebih lama, bahkan melemparkan wadah plastik dari kejauhan tidak perlu khawatir pecah.
  2. Tidak mudah rusak
    Umur kemasan plastik lebih panjang jika dibandingkan dengan kemasan kertas yang lebih mudah robek. Umur bahan ini tidak dipengaruhi oleh cahaya yang berlebihan dan kelembapan.
  3. Fleksibel dan mudah dibentuk
    Bahan plastik sangat fleksibel dan mudah dibentuk. Bahan ini memungkinkan produsen untuk mengubah ke berbagai bentuk seperti tabung dan wadah dengan ukuran dan gaya sesuai dengan kebutuhan kemasan.
  4. Ringan dan mudah disimpan
    Kemasan plastik sangat ringan dan tidak membutuhkan banyak ruang penyimpanan. Baham omo juga mudah untuk diangkut dan dapat menghemat biaya transportasi.
  5. Lebih tahan cuaca panas maupun dingin
    Kemasan ini dapat bertahan di lingkungan dengan cuaca panas dan dingin. Dengan begitu, dapat menjaga produk di dalamnya. Kemasan ini juga bisa melindungi produk dari angin, debu, cahaya, dan bau.
  6. Bisa dicetak dengan tinta
    Kemasan ini memungkinkan untuk dicetak dengan desain grafis. Cetakan yang berkualitas tinggi dapat meningkatkan angka penjualan.

Kekurangan dari kemasan plastik

  1. Tidak mudah diuraikan
    Plastik tidak dapat terurai secara hayati. Maka tidak mungkin bagi bumi untuk secara alami menyerap bahan ini kembali ke tanah. Justru sebaliknya, cahaya dapat memecah plastik menjadi potongan-potongan kecil yang bisa mencemari tanah.
  2. Bisa menyebabkan pencemaran lingkungan
    Banyak penelitian dilakukan menunjukkan bahwa limbah kemasan plastik adalah masalah besar. Sampah plastik merupakan ancaman besar bagi lingkungan kita dan sering mengisi lautan.
  3. Cenderung menyerap bau dan rasa
    Ketika digunakan untuk menyimpan makanan, plastik cenderung menyerap bau dan rasa makanan yang disimpan di dalamnya. Bahkan setelah wadah dicuci dengan sabun baunya tidak mudah dihilangkan.

Demikian tadi kelebihan dan Kekurangan Kemasan Plastik. Apabila Anda memiiki usaha di bidang cetak kemasan makanan:

Apa itu flexible packaging kemasan?
Cairan tes kebocoran seal
Jual prisau printing