Rotogravureindonesia.co.id – 7 Alasan Plastik HDPE Dipilih sebagai Material Kemasan – Plastik HDPE mungkin bisa kita temukan setiap hari di lingkungan kita, seperti digunakan sebagai pembungkus kemasan makanan atau barang. Mengapa plastik HDPE lebih dipilih dan sering digunakan dalam pembuatan produk kemasan plastik, berikut 7 alasannya.

7 Alasan Plastik HDPE Dipilih sebagai Material Kemasan

Plastik HDPE

Di artikel 7 kode dan jenis plastik kita telah membahas mengenai plastik HDPE, kali ini kita akan lebih jauh mengenal plastik jenis ini. High Density Polyethylene atau disebut HDPE adalah polietilena termoplastik yang terbuat dari minyak bumi.

Warna Plastik HDPE pada umumnya :
Bening Transparan.
Warna : Merah, Kuning, Hijau, Biru, Hitam dan warna lainnya.
Garis / Salur : 2 warna (Merah Putih, Hitam Putih).

Selain itu, berbagai karakteristik unggul dari plastik HDPE juga memungkinkan produsen untuk membuat produk kemasan plastik dengan kualitas yang baik.

Aplikasi Penggunaan Plastik HDPE :

  1. Penggunaan untuk kantong kemasan kuah / cairan panas, makanan ataupun minuman panas.
  2. Penggunaan sebagai kantong praktis membawa aneka barang belanjaan sehari-hari.
  3. Penggunaan sebagai kantong praktis mengisi buah, sayur atau barang lainnya dan juga umum sebagai pembungkus kertas fotokopi / dokumen lainnya.
  4. Penggunaan sebagai alas / pelapis dari wadah makanan hangat ataupun panas atau sebagai pembungkus makanan dan barang lainnya.

7 Alasan Memilih Plastik HDPE

Wadah plastik ini biasanya diberi simbol HDPE, sifatnya aman dan mengandung polietilen dengan densitas tinggi yang membuat plastik yang relatif kaku. Berikut ke-7 alasan tersebut:

  1. Ringan namun tetap kuat
    Salah satu alasan mengapa HDPE menjadi plastik yang paling populer digunakan adalah karena plastik ini cenderung lebih kuat dari jenis plastik lainnya yang memiliki bobot serupa. Sebagai contoh, botol susu berbahan HDPE dengan berat 56 gram dapat menampung 2 galon susu.
  2. Tahan benturan
    Plastik HDPE sangat cocok untuk diaplikasikan sebagai jerigen air karena sifatnya yang tahan bentur. Wadah yang terbuat dari plastik HDPE bisa bertahan dari benturan atau jatuh dari ketinggian tertentu tanpa mengalami kerusakan yang signifikan.
  3. Awet
    HDPE merupakan salah satu pilihan jenis plastik yang paling awet. Kemasan plastik HDPE dapat digunakan dalam rentang waktu yang cukup lama tanpa adanya perubahan kondisi fisik. Selain itu, karakteristiknya yang tahan bentur juga membuat plastik HDPE menjadi tidak mudah rusak.
  4. Dapat didaur ulang
    Faktor keberlanjutan lingkungan menjadi salah satu aspek pertimbangan konsumen untuk membeli sebuah produk. HDPE merupakan salah satu plastik polimer yang paling mudah untuk didaur ulang. Produk plastik HDPE yang telah habis masa gunanya dapat didaur ulang kembali menjadi produk plastik baru seperti tali, tempat sampah, pipa, dan mainan. Pembuatan produk plastik dari plastik HDPE daur ulang dapat lebih menghemat biaya jika dibandingkan dengan pembuatan produk plastik dari plastik HDPE virgin.
  5. Memiliki ketahanan suhu yang baik
    Beberapa tipe plastik HDPE dapat bertahan pada suhu 120°C untuk rentang waktu tertentu. Dengan kata lain, plastik HDPE tidak akan berubah bentuk atau struktur ketika terpapar oleh suhu panas atau cahaya matahari dalam waktu yang cukup panjang.
  6. Rendah biaya
    Tidak hanya unggul pada karakteristiknya saja, HDPE juga sangat populer digunakan karena cenderung rendah biaya. Plastik HDPE mudah untuk diproduksi dan banyak tersedia di pasaran untuk pengaplikasian di berbagai industri.
  7. Resisten terhadap korosi dan zat kimia
    HDPE merupakan polimer non konduktif dan tahan terhadap zat kimia korosif. Hal tersebut membuat plastik HDPE cocok untuk digunakan sebagai produk wadah pengemas yang aman untuk zat kimia.

Demikian informasi mengenai 7 Alasan Plastik HDPE Dipilih sebagai Material Kemasan. Bagi pebisnis plastik, yang menggunakan mesin rotogravure atau flexo Anda bisa mencari berbagai produk mesin dan perlengkapa mesin rorogravure dan flexo di website kami, seperti mesin rotogravure, inspection system, doctor blade, isolasi tahan panas, plastic zipper. Kalau membutuhkan produk packaging bisa lihat di stretch film, pallet plastik.