Rotogravureindonesia.co.id – 5 Alasan Menggunakan Pallet Plastik di Industri Makanan. Pallet plastik telah menjadi solusi pengemasan universal untuk semua industri. Namun, ada bagian logistik dan rantai pasokan yang enggan mengubah seluruh proses pengemasan dan pengiriman dengan mengganti solusi pengemasan mereka saat ini dengan yang baru.

Mereka masih bergantung pada pallet kayu, yang satu-satunya keuntungan adalah biaya rendah. Namun dalam skema penetapan harga dan penganggaran yang lebih besar, harga pembelian solusi pengemasan tidak boleh menjadi satu-satunya aspek yang dipertimbangkan. Inilah sebabnya mengapa manajer harus berpikir lebih keras tentang manfaat palet plastik di industri makanan. Bahaya Menggunakan Kemasan yang Tidak Dapat Diandalkan dalam Industri Makanan

Produk makanan dan farmasi adalah dua produk yang paling diatur di dunia. Keduanya adalah produk untuk konsumsi manusia dalam satu atau lain cara. Dengan demikian, produk-produk ini harus aman, bebas dari kontaminasi, dan dipelihara dalam lingkungan yang terkendali iklim dari saat mereka meninggalkan pabrik dan sampai pelanggan akhir membelinya.

Dalam konteks ini, bahan kemasan memainkan peran penting dalam rantai pasokan makanan. Mereka harus memenuhi beberapa kondisi secara bersamaan:

Mereka harus terbuat dari bahan yang disetujui untuk kontak langsung dengan makanan
Mereka harus menawarkan perlindungan terhadap guncangan mekanis, kotoran, tumpahan, dan kontaminan lainnya
Mereka harus tahan terhadap suhu rendah dalam penyimpanan dingin dan truk berpendingin.

Bahan kemasan lama, seperti pallet kayu atau kotak kardus tidak memenuhi persyaratan ini. Mari kita fokus sekarang pada manfaat menggunakan palet plastik di industri makanan.

1.Palet Plastik Adalah Bahan Kemasan Higienis
Alasan pertama untuk memilih palet plastik di industri makanan adalah kebersihan. Plastik adalah bahan tidak berpori yang tidak menyerap cairan. Juga, palet plastik ruang bersih untuk industri makanan memiliki desain khusus dengan permukaan halus yang dapat dibersihkan sepenuhnya, tanpa meninggalkan kotoran di area yang sulit, seperti sudut atau sudut.

Meskipun makanan olahan dikirim dalam kemasan utama, seperti kaleng aluminium atau foil pembungkus plastik, palet plastik tetap disarankan untuk mengirimkan produk ini ke supermarket. Menggunakan palet display ritel berarti penanganan produk lebih sedikit – mereka dapat pergi dari gudang, ke ruang belakang toko dan kemudian ke lorong supermarket yang diatur pada palet yang sama.

2.Meningkatkan Otomatisasi Penanganan Barang Dagangan dengan Palet Plastik di Industri Makanan
Berbicara tentang penanganan, tren global di semua rantai pasokan adalah menghilangkan tenaga kerja manual sebanyak mungkin. Artinya, perusahaan Anda membutuhkan bahan kemasan yang disesuaikan untuk penanganan oleh mesin logistik seperti truk palet, forklift, dan kereta tunda.

Palet kayu tidak dirancang dengan otomatisasi dan penanganan mesin. Desainnya tidak kompatibel dengan perangkat ini dan tidak tahan terhadap jenis penanganan ini. Sebagai perbandingan, palet plastik memiliki fitur desain khusus yang memungkinkan peralatan logistik untuk mengangkat, mendorong, dan menarik tanpa merusaknya.

3.Memotong Berbagai Biaya di Seluruh Rantai Pasokan
Ketika produsen kemasan profesional seperti Logistic Packaging membuat palet plastik, mereka mempertimbangkan kebutuhan pelanggan – baik bisnis besar maupun kecil. Dan kebutuhan nomor satu adalah memotong biaya tanpa mengorbankan kualitas atau keamanan.
Dan palet plastik membantu perusahaan Anda mencapai tujuan ini dengan beberapa cara:

a.Pallet plastik memiliki umur panjang
b.Memiliki bodi yang kokoh dan tidak perlu diperbaiki
c.Membantu Anda mengoptimalkan penggunaan ruang di gudang dan trailer
d.Memiliki berat yang rendah dan kapasitas beban yang tinggi
e.Dapat didaur ulang, sehingga tidak menghasilkan limbah.

4.Anda Dapat Membuat Model Khusus untuk Memenuhi Kebutuhan Spesifik Anda
Manfaat utama lain menggunakan palet plastik di industri makanan adalah kemungkinan untuk membuat palet yang sesuai dengan produk dan aliran logistik Anda. Pallet plastik dibuat dengan cara menyuntikkan virgin PP ke dalam cetakan. Dan produsen kemasan yang berpengalaman dapat merancang cetakan sesuai dengan spesifikasi yang tepat.

5.Pallet Plastik Disetujui untuk Ekspor
Jika Anda ingin menjual produk Anda ke luar negeri atau memperluas jaringan distribusi Anda, maka kemasan Anda harus memenuhi persyaratan peraturan ISPM-15. Peraturan ini menetapkan bahwa paket kayu perlu diberi perlakuan treatment dan fumigasi.

Peraturan ini tidak berlaku untuk palet plastik. Anda dapat mengirimkan produk Anda tanpa mengalami masalah apa pun di bea cukai atau selama berbagai pos pemeriksaan selama perjalanan.

Demikian tadi, 5 Alasan Menggunakan Pallet Plastik di Industri Makanan. Apabila Anda berminat ingin membeli pallet ini silakan mengujungi distributor pallet plastik, pusat jual pallet plastik berkualitas. Baca juga pallet plastik cocok untuk bahan food grade.