Mengenal OPP Tape – Lakban Industri Packaging – Siapa yang tidak mengenal OPP Tape? Kadang kita tidak bisa lepas dengan lakban yang satu ini, karena banyak digunakan di sekitar kita. Lakban memang lebih banyak digunakan dalam industri packaging. Namun, di kehidupan sehari-hari kita benda ini juga sering digunakan. Mari kita coba lebiih mengenal lakban ini.

Mengenal OPP Tape – Lakban Industri Packaging

Definisi & Bahan Penyusun

Apa itu OPP TApe/lakban, adalah salah satu lakban perekat yang sering kita jumpai dan kita pakai dalam kehidupan sehari-hari. Lakban ini terbuat dari bahan polypropylene film yang memiliki kekuatan dan kelenturan yang sangat baik. Serat dari lakban ini tidak hanya lateral, tetapi juga axial sehingga tidak mudah putus / sobek.

Perekatnya menggunakan lem water base acrylic yang sangat kuat. Lakban dapat menempel sangat erat pada segala macam permukaan baik dari yang terbuat dari kaca, kayu, karton, kertas, besi, maupun plastik.

Lakban ini memiliki keunggulan sbb :
Ringan
Tidak beracun
Tidak memiliki rasa
Bisa digunakan hampir disemua semua bentuk material padat, seperti kaca, kayu, karton, kertas, besi, maupun plastik.

OPP Tape dapat digolongkan menjadi 2 tipe: yaitu
Packaging tape dan Bag Sealing tape.
1.Packaging tape.
Lakban tipe packaging tape ini sering digunakan di industri pengiriman dan pengemasan barang atau logistik, seperti pengepakan kardus. Bentuk lakban ini berupa gulungan roll. Lakban tipe ini basanya kita temukan dalam 2 warna utama yaitu cokelat dan transparan/bening. Saat ini, packaging tape juga diproduksi dengan banyak pilihan warna seperti merah, kuning, hijau, biru, dan lain-lain.

akban Industri Packaging

Fungsi Packaging tape.
OPP Tape / Lakban bening ini secara umum memiliki fungsi untuk merekatkan benda pada segala macam permukaan dengan rekatan yang sangat erat.

‍Packaging Tape memiliki fungsi utama sesuai dengan namanya yaitu untuk mengepak atau mengemas sebuah barang. Lakban bening dan lakban coklat ini sangat berguna bagi jasa pengiriman barang, ataupun usaha penjualan barang lainnya.

Jenis ini juga digunakan oleh para pekerja seni. Dengan warna packaging tape yang saat ini beraneka ragam, para pekerja seni menggunakan lakban ini untuk membuat sebuah kerajinan tangan.
Fungsi Bag Sealing Tape
selotip bag sealing

2.Bag Sealing Tape.
Bag Sealing Tape – lakban yang seringkali dipakai untuk menyegel sebuah kantong polybag dengan cara diikatkan pada kantong tersebut. Lakban ini digunakan untuk mengikat leher sebuah kantong untuk menyegel isi di dalamnya. Bag sealing tape juga memiliki rekatan yang sangat kuat.

Untuk jenis bag sealing, seperti yang sudah dijelaskan, selotip dengan lebar kecil ini digunakan untuk mengikat sebuah kantong plastik/polybag. Toko roti, toko daging, toko permen, dan supermarket yang seringkali menggunakan selotip ini untuk merekatkan kantong produknya.

Lakban ini pun memiliki 2 macam jenis, yaitu :

A.Bag sealing tape yang dapat dicopot pasang / reopening reclosing – tidak akan merusak permukaan yang direkatkan.
B. Bag sealing tape yang merekatkan secara permanen – apabila dicopot paksa, akan merobek/merusak permukaan rekatan.

Packaging tape dan bag sealing tape sama-sama memiliki ketahan yang kuat terhadap suhu panas dan juga terhadap air. OPP Tape ternyata memiliki ketahanan yang tinggi terhadap sinar UV.

Selain itu, harganya cenderung murah. Kamu bisa membelinya dalam skala besar untuk dijual kembali. Kalau untuk industri printing dan percetakan bisa menggunakan teflon tape.

Apabila Anda ingin tahu lebih jauh tentang Mengenal OPP Tape – Lakban Industri PackagingvOPP Tape ini bisa menghubungi Megumiplastics, kalau isolasi tahan panas bisa menghubungi rotogravureindonesia, sedangkan untuk melengkapi kebutuhan packaging seperti pallet bisa cari di pallet plastik.