Rotogravureindonesia.co.id – Inilah 6 Jenis Trend Kemasan Yang banyak Dipilih Konsumen. Desain kemasan yang kekinian memiliki peranan yang sangat penting dalam memenangkan hati konsumen, terutama Generasi Z.
Sumber gambar : Freepik
Di artikel sebelumnya RotogravureIndonesia sempat membahas mengenai memahami fungsi dan jenis-jenis kemasan. Dalam 8 fungsi kemasan tesebut, tertulis bahwa fungsi kemasan adalah meningkatkan daya tarik dan membantu pemasaran atau promosi.
Kemasan yang menarik dapat menciptakan kesan pertama yang kuat, mengkomunikasikan identitas merek, menceritakan kisah produk, dan membedakan produk dari pesaing di rak toko.
Dalam desain kemasan yang kekinian, perlu memperhatikan kesesuaian dengan gaya hidup dan tren Generasi Z, serta mengedepankan nilai-nilai keberlanjutan yang penting bagi mereka.
Dengan demikian, perusahaan makanan dapat memanfaatkan desain kemasan yang menarik dan kekinian sebagai alat untuk memenangkan hati konsumen Generasi Z dan mencapai kesuksesan di pasar yang semakin kompetitif ini.
Kemasan Pilihan Konsumen
Kemasan makanan yang banyak dipilih oleh konsumen dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti jenis produk makanan, target pasar, tren konsumen, dan preferensi individu. Namun, ada beberapa tren umum dalam pilihan kemasan makanan yang populer di kalangan konsumen saat ini.
Berikut ini adalah beberapa contoh kemasan makanan yang sering dipilih:
1. Kemasan Ramah Lingkungan
Konsumen semakin peduli dengan dampak lingkungan dari kemasan makanan. Kemasan yang dapat didaur ulang, terbuat dari bahan ramah lingkungan, atau menggunakan minimal plastik menjadi pilihan populer.
2. Kemasan Praktis dan Fungsional
Konsumen cenderung memilih kemasan yang mudah digunakan, dibuka, dan disimpan. Kemasan yang dilengkapi dengan segel, tutup yang rapat, dan kompartemen terpisah untuk menjaga kesegaran makanan menjadi favorit. Baca mengenal kemasan flexibel apa itu jenis dan sejarahnya.
3. Kemasan Transparan
Kemasan yang transparan atau tembus pandang menjadi populer karena konsumen dapat melihat dengan jelas produk yang terdapat di dalamnya. Ini membantu dalam menentukan kualitas, segar atau tidaknya, dan mempengaruhi keputusan pembelian.
4. Desain Minimalis dan Menarik
Kemasan dengan desain yang sederhana, bersih, dan menarik secara visual dapat menarik perhatian konsumen. Desain minimalis juga dapat memberikan kesan produk yang premium atau eksklusif.
5. Kemasan Portabel
Kemasan makanan yang mudah dibawa-bawa atau dipindahkan menjadi favorit konsumen yang sering bepergian atau aktif. Kemasan yang ringan, tahan bocor, dan dapat dikonsumsi langsung tanpa perlu peralatan tambahan juga diminati.
6. Kemasan dengan Informasi Jelas
Konsumen cenderung memilih kemasan yang menyediakan informasi yang jelas dan terperinci tentang bahan, nilai gizi, tanggal kedaluwarsa, dan instruksi penggunaan. Kemasan yang memberikan rasa keamanan dan transparansi mengenai produk lebih dipilih.
Namun, penting untuk dicatat bahwa preferensi konsumen dapat bervariasi antara individu dan pasar. Setiap produsen makanan harus memahami target pasar mereka dan melakukan penelitian untuk memahami preferensi kemasan yang paling sesuai untuk produk mereka.
Semoga artikel yang berjudul Inilah 6 Jenis Trend Kemasan Yang banyak Dipilih Konsumen, bermanfaat terutama untuk para pemilik perusahaan makanan dan minuman mau pun perusahaan lain yang membutuhkan kemasan dalam memasarkan produknya.
Kalau Anda sedang mencari mesin rotogravure printing untuk produk kemasan Anda segera hubungi kami. Kami juga menyediakan equipment dan part seperti doctor blade, viscosity controller, anti static, spirall roll, zipper pouch dan masih banyak lagi. Yang butuh kemasan kertas bisa lihat paper lunch box