Rotogravureindonesia.co.id – Mengenal Plastik PE | Jenis dan Fungsinya – Apa itu plastik PE? Plastik Polyethylene (PE) atau sering disebut kantong es adalah kantong plastik yang bersifat fleksible ( bisa melar ), permukaannya licin dan mempunyai titik leleh pada suhu 115 derajat celcius. Plastik ini digunakan secara luas oleh konsumen produk sebagai kantong plastik.

Sumber ganbar: megumiplastics

PE ialah singkatan dari polietilen. Polietilen dapat diperoleh dari polimerisasi etilena. Karakteristiknya tidak berbau, tidak beracun, dan juga terasa seperti lilin yang memiliki ketahanan suhu rendah. Selain itu, dapat menahan adanya korosi, ketahanan terhadap air yang tinggi, dan isolator listrik yang baik. Plastik jenis ini cocok untuk menahan aus dan bagian transmisi. Namun, kelemahannya yakni buruk dalam suhu rendah.

Secara penampilan bentuk plastik PE ini bisa dibilang seperti plastik pada umumnya yang biasanya berbetuk lembaran plastik tipis. Namun untuk plastik yang satu ini, yaitu plastik PE memiliki ciri-ciri yang khas membedakan dengan plastik jenis lainnya.

Ciri Khas Plastik PE

1.Plastik sedikit buram dan transparan
Salah satu ciri khas fisik dari plastik ini adalah warnanya yang tidak terang, atau buram namun masih transparan. Kantong plastik biasanya identik dengan bening seperti kaca, hal ini berbeda dengan plastik PE yang agak buram. Plastik ini juga tidak mudah sobek atau elastis/lentur

2.Termoplastik
Termoplastik yaitu jenis plastik yang melunak jika mengalami pemanasan dan akan mengeras jika mengalami pendinginan. Proses pelunakan dan pengerasan termoplastik dapat berlangsung berulang kali. Penamaan termoplastik diperoleh dari pembentukan ulang sifat plastik dengan proses pemanasan.

Termoplastik mengandung resin hidrokarbon dan manik-manik kaca. Penerapan termoplastik yang paling umum adalah untuk pembuatan markah jalan. Markah jalan yang berbahan termoplastik memiliki refleksi yang tinggi, daya tahan yang kuat dan umur pemakaian yang sangat lama.

Secara sederhana termoplastik adalah jenis plastik yang bisa didaur ulang. Termoplastik dibentuk menjadi produk jadi melalui proses injection molding, blow molding, dan ekstrusi.

3.Elastis / Lentur dan tahan benturan
Kalau kalian menemukan plastik, saat diregangkan itu lentur dan elastis, bisa jadi ini plastik PE. Kalau jenis lain biasanya saat di regangkan mudah sobek.Karena sifatnya yang elastis, lentur maka plastik ini tahan terhadap benturan

4.Tidak berbau
Plastik PE juga tidak mengeluarkan bau, makanya aman untuk kantog makanan.

5.Daya tahan hingga 135 derajat celcius

Fungsi Kantong plastik Polyethylene (PE) berfungsi untuk :

1.Dalam bentuk kantong kecil di gunalan untuk membungkus cairan seperti ,santan, minyak, syrup, dan cairan yang dibekukan,
2.Sebagai pengemas barang-barang yang padat dan berat,
Dan juga sering untuk membungkus sampah dan kotoran lainnya.

Bentuk dari produk PE adalah :

Plastik PE Kantongan
Plastik PE Gulungan / Roll
Plastik PE Lembaran / Sheet
Ukuran-ukuran plastik :
Lebar : 3.5 s.d. 200 cm
Panjang : sesuai permintaan
Ketebalan : minimal 25 mikron maksimal : 400 mikron

Plastik adalah bahan yang paling sering Anda jumpai dimanapun Anda berada. Plastik bisa digunakan sebagai bahan dasar peralatan apapun. Sifatnya yang tahan air dapat dijadikan bahan dasar jas hujan atau barang lainnya yang memiliki manfaat serupa.

Bagi Anda yang ingin mencari tahu produk Plastik PE | Jenis dan Fungsinya, silakan menghubungi megumiplastics, kalau mencari perusahaan yang jual zipper tape, isolasi tahan panas, bisa hubungi kami. Kalau pallet plastik bisa lihat di mahkotapallet.