Rotogravureindonesia.co.id – Pengertian Cetak Rotogravure | Kelebihan dan Kekurangan – Cetak rotogravure adalah sebuah proses cetak yang menggunakan cylinder yang terbuat dari besi yang dilapisi tembaga (copper) dan diatas permukaan cylinder tersebut ditransfer image artwork dari komputer melalui proses grafir, atau di “engrave” baik itu melalui proses etching/chemical engraving, mechanical engraving atau laser engraving.

Permukaan cylinder yang tadinya mulus, setelah di “engrave” akan menjadi kasar dan kalau dilihat pakai mikroskop akan berlubang-lubang. Jadi fungsi lubang-lubang tersebut adalah sebagai pori-pori atau mangkok tempat menampung tinta.

Sebenarnya proses cetak rotogravure apabila dibandingkan dengan teknik cetak yang lain boleh dibilang simple, karena proses pengambilan tinta dari bak tinta langsung oleh cylinder cetak tanpa melalui rol atau cylinder perantara.

Jadi cylinder yang sudah di”engrave” tersebut dibenamkan ke dalam bak tinta dan pada saat terbenam itu, pori-pori hasil engrave akan terisi tinta, dan kemudian cylinder berotasi/berputar sehingga tinta menutupi seluruh permukaan cylinder dan kemudian akan diratakan oleh pisau (doctor blade) supaya tinta hanya tertinggal di dalam mangkok itu dan bagian lain yang tidak ada pori-porinya akan bersih tersapu oleh pisau.

Setelah diratakan oleh doctor blade tadi kemudian berputar mengenai material cetak maka pada saat itulah terjadi proses cetak karena tinta yang di pori-pori cylinder tadi berpindah ke material cetak. Seperti tempurung kelapa yang diisi cat terus ditumpahkan ke dinding. Kemudian pori-pori cylinder menjadi kosong dan kemudian masuk lagi ke dalam bak tinta untuk diisi lagi dan demikian seterusnya.

Bandingkan dengan flexo atau letterpress yang memerlukan roll penjilat atau roll-roll perantara lainnya untuk mentransfer tinta dari baknya ke cylinder cetakan. Dengan simplenya proses transfer tinta ke media cetak ini maka kecepatan proses mencetak di rotogravure bisa sangat tinggi, mencapai lebih dari 300m per menit, tercepat di antara proses cetak yang lainnya. Di sinilah salah satu kunci efisiensi rotogravure yang belum bisa dikalahkan teknik cetak yang lain.

Pada umumnya rotogravure menggunakan tinta berbahan dasar solvent. Meskipun ada yang menggunakan waterbase tapi tidak sebanyak yang menggunakan solvent. Nah solvent ini mengandung toluene yang merupakan unsur dari VOC (volatile organic compound), merupakan bahan kimia organik yang bisa membahayakan kesehatan dalam jangka panjang.

Oleh karena itu untuk menjaga keamanan dari tinta ini, para pemain rotogravure harus memenuhi standard yang telah ditentukan oleh customer mengenai batas maksimal toluene yang dibolehkan terdapat pada kemasan tersebut. Terutama untuk packaging yang diekspor ke Jepang, persyaratan batas maksimal toluene ini sangat diperhatikan dan sangat ketat.

Pada dasarnya tinta yang digunakan juga tidak direct contact ke makanan karena dilindungi oleh layer plastik yang lain. Tapi perlu dicek juga apakah Indonesia sudah memiliki standarisasi batas maksimal toluene pada kemasan.

Kenapa sampai saat ini tinta yang paling baik dalam performance adalah solvent base dikarenakan salah satunya adalah berhubungan dengan pori-pori di cylinder yang sangat kecil tersebut.

Kalau terlalu kental seperti tinta uv flexo biasanya tinta tidak akan bisa masuk secara optimal ke pori-pori tersebut. Tapi kalau menggunakan waterbase kendala yang dihadapi adalah keterbatasan material yang bisa dicetak dan kekuatan tintanya tidak sebagus solvent base.

Alasan lainnya adalah berhubungan dengan surface energy dari material. Berhubung rotogravure banyak mencetak material berbahan dasar polymer/plastik, maka dibutuhkan tinta yang memiliki surface energi di bawah surface energy material yang akan dicetak supaya bisa menyerap.

Kalau surface energy tinta lebih tinggi seperti yang waterbase misalnya, akan membutuhkan waktu yang lama untuk proses pengeringan karena tinta tidak menyerap ke material. Kalau cetak stiker berbahan dasar vynil/plastik dengan tinta waterbase memerlukan waktu minimal 8 jam proses pengeringannya dengan di gantung di ruangan.

Meskipun tinta solvent yang digunakan gampang menyerap, tapi tetap pada saat proses printing diperlukan hawa panas untuk mengeringkan tinta tersebut supaya lebih kuat menempel ke material.

Jadi setelah tinta menempel ke material nanti akan melewati chamber yang berisi udara panas untuk pengeringan, kemudian masuk lagi ke station printing berikutnya untuk diberi tinta dan demikian seterusnya.

Dari sini sebenarnya sudah bisa dianalisa apabila terjadi masalah pada tinta pada kemasan. Bisa dari material atau tinta yang berkaitan dengan surface energy, bisa dari proses pengeringan yang tidak bagus karena masalah speed atau udara panas di chamber tidak optimal dan lain sebagainya. Kalau kata orang permasalahan paling banyak dari packaging adalah dari proses printing ini.

Kelebihan dan Kekurangan Rotogravure

Kelebihan:

  1. Sangat efisien untuk order-order yang panjang.
    Biaya per m2 untuk rotogravure sampai saat ini belum ada yang bisa mengalahkan apabila mengerjakan order-order panjang. Untuk teknik cetak lain kalau jalan panjang biasanya akan terkendala pada daya tahan plate dan speed machine.
  2. Kecepatan printing cukup tinggi.
    Kecepatan printing yang tinggi dikombinasikan dengan lebar bahan yang di atas 1m, membuat proses mencetak bahan dengan panjang 200.000m bisa dikerjakan dalam satu hari. Bayangkan kalau itu dicetak di mesin offset atau flexo, apalagi digital printing, gak akan selesai kali..
  3. Kualitas printing yang tajam.
    Kualitas cetaknya seperti foto
  4. Cylinder cetak tahan lama.
    Cylinder bisa tahan lama karena lapisan tembaga yang sudah di “engrave” diberikan lapisan pelindung yang disebut chrome. Kalau tidak dilapisi chrome, pada saat terkena pisau (doctor blade) maka tembagannya akan cepat terkikis habis. Hebatnya apabila chromenya sudah mulai menipis tinggal di-chrome ulang sehingga design awet terus. Berbeda dengan offset atau flexo, apabila plate sudah rusak maka harus dibuat ulang lagi. Apabila designnya sudah tidak dipakai lagi maka cylinder bisa digunakan kembali buat design yang lain dengan mengupas lapisan tembaga tersebut dan mengisinya dengan lapisan tembaga baru.
  5. Kualitas warnanya lebih konsisten untuk order-order panjang.
    Salah satu faktor yang menentukan konsistensi kualitas sebuah warna berasal dari plate atau cylinder. Berhubung cylinder rotogravure prosesnya langsung dalam mengambil tinta dan kekuatannya bisa tahan lama maka konsistensi warna lebih terjaga.

Beda dengan flexo konsistensi warna bisa terganggu oleh sticky back yang kurang bagus kualitas, salah pemilihan jenis sticky back atau proses penempelannya tidak benar, atau juga karena plate yang tidak sekuat cylinder gravure sehingga mudah rontok pada saat proses cetak.

Kekurangan:

  1. Sangat tidak cocok untuk order-order pendek karena dari proses setup sampai register membutuhkan banyak material.
  2. Proses change-over yang lama, apalagi kalau sampai harus mengganti tinta.
  3. Proses pembuatan cylinder yang lama dan harganya mahal. Tidak seperti flexo yang bisa dikerjakan dalam hitungan menit.
  4. Untuk teks atau line yang kecil kurang bagus.
  5. Tinta solvent base yang digunakan mengandung toluene.

Perkembangan Teknology Rotogravure

Perkembangan teknologi engraving yang semakin cepat dan semakin tajam melalui teknologi extreme engraving atau direct laser engraving. Salah satu perusahaan pembuat mesin engraving yaitu GRT dari Jerman berhasil meng-engrave karakter yang sangat kecil sekali, terkecil di dunia katanya.

Untuk order-order panjang memang belum ada yang bisa menandingi rotogravure. Tapi seiring dengan permintaan dari customer yang semakin segmented sehingga membuat order menjadi banyak variant/sku dan tentu saja running meter semakin pendek maka ini akan menjadi tantangan bagi rotogravure untuk bisa bersaing dengan teknik cetak lain seperti flexo dan offset.

jual mesin printing rotogravure jepang

Semoga artikel Pengertian Cetak Rotogravure | Kelebihan dan Kekurangan bisa membantu Anda memahami proses cetak rotogravure. Apabila ingin tahu lebih banyak terkait produk rotogravure segara menghubungi kami karena kami juga jual mesin printing rotogravure berkualitas dengan harga terbaik. Yang butuh material packaging jangan lupa lihat di pallet plastik.