ads slot

Latest Posts:

Pentingkah Kemasan Makanan

Kemasan merupakan salah satu atribut produk yang sangat penting. Menurut Kotler,packaging merupakan proses yang berkaitan dengan perancangan dan pembuatan wadah atau pembungkus suatu produk. Lebih dari itu, kemasan yang menarik dapat menambah nilai pada produk sehingga dapat meningkatkan nilai jual dan kepuasan pelanggan.

Saat ini teknologi sangat mendukung kebutuhan akan pengemasan yang baik. Tentu hal tersebut akan sangat memudahkan proses pengemasan yang dinilai sebagai of entirety dari seluruh rangkaian produksi produk.


Tak hanya soal dikemas, semua produk ingin tampil maksimal dengan pengemasan yang menawan. Apalagi persaingan antar produk yang semakin ketat, menuntut produsen untuk memberikan sentuhan kreatifitas yang berpadu dengan kecepatan dalam proses pengemasan itu sendiri.

pengemasan sendiri dapat merepresentasikan identitas suatu produk. Mengapa? Suatu produk dapat dengan mudah dicitrakan atau dikesankan melalui kemasannya. Produk yang ingin dicitrakan sebagai produk premium misalnya, tentu memerlukan kemasan yang top rate. Dengan pemilihan bahan terbaik, desain yang sesuai, kata-kata yang relevan dan sebagainya.

Melalui sebuah pengemasan pula akan banyak sekali informasi yang diperoleh oleh konsumen. Baik itu informasi mengenai label merek, tabel informasi gizi, kehalalan, keamanan produk,  tanggal kadaluarsa dan sebagainya. Dengan kata lain, pengemasan juga bisa menjadi media komunikasi. Tak jarang sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk, konsumen mempertimbangknnya dengan membaca informasi-informasi yang terdapat dalam pengemasan.

Begitu pentingnya pengemasan dalam eksistensi suatu produk di tengah-tengah pasar. Lebih jauh lagi pengemasan penting sekali dalam proses pemasaran yang kian hari semakin dipenuhi oleh banyak produk baru. Inilah yang menjadi tantangan bagi produsen, untuk memilih kemasan terbaik bagi produknya dengan tetap mempertimbangkan prinsip efisiensi namun berdampak besar.
Manfaat Kemasan

Secara umum  manfaat pengemasan adalah untuk melindungi produk dari kerusakan pada saat penyimpanan, pengiriman hingga sampai ke tangan konsumen.
Berikut ini beberapa manfaat pentingnya kemasan bagi suatu produk:

1. Melindungi produk dari kerusakan
Setiap pengemasan dapat melindungi produk, tentu fungsi intinya adalah untuk melindungi produk dari kerusakan. Coba bayangkan sebuah produk makanan tanpa pengemasan. Tentu akan mudah sekali rusak, bukan?

2. Mempermudah distribusi
Suatu produk dengan pengemasan yang baik, tentu akan mempermudah dalam proses distribusi. Produk akan mudah ditumpuk, disusun dan dipindahkan dengan bantuan pallet plastik.

3. Sebagai identitas produk
Dengan dikemas sedemikian rupa, suatu produk akan mudah dikenali. Disitulah letak identitas produk dapat dilihat dan dirasakan oleh konsumen. Dengan labeling yang baik, serta informasi yang berguna bagi konsumen, kemasan dapat berbicara banyak hal.

4. Meningkatkan daya jual
Tak jarang saat ini konsumen menjatuhkan pilihan pada suatu produk hanya karena melihat pengemasan yang menarik. Hal tersebut menjadi pertimbangan banyak konsumen, bahkan tak jarang konsumena mau membayar lebih mahal hanya karena pengemasan suatu produk.

5. Meningkatkan efisiensi
Pengemasan dapat meningkatkan efisiensi waktu, biaya dan tenaga. Dengan pengemasan yang baik suatu produk akan mudah dalam penyimpanan, pendistribusian, penghitungan dan dapat mengurangi jumlah kerusakan produk.
Share on Google Plus

About Rotogravure Indoenesia

Rotogravureindonesia menjual mesin dan spare part rotogravure printing. Stroboscope, Stroboscope Led, Stroboscope Gun Tape, Stroboscope Multi Line, Spiral Roll, Anti Static, Ink Pump Murah, Pompa Tinta, Zhan Cup, Teflon Tape, Blanket, Recover Roll, Katsura Roller, Rotary Blade, Din Cup.
    Blogger Comment
    Facebook Comment