Rotogravureindonesia.co.id – Mengenal 13 Jenis Lakban dan Beberapa Kegunaannya. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunalkn lakban / Isolasi / Selotip / Solatip untuk membantu dalam beberapa pekerjaan seperti pengemasan barang penempelen maupun perekatan barang.

Mengenal 13 Jenis Lakban dan Beberapa Kegunaannya

Lakban atau lebih dikenal dengan nama selotip adalah jenis perekat yang di buat dari beberapa jenis bahan baku seperti plastik, kertas,kain adapun metal aluminium yang sedikit unsur karetpun juga tersedia tergantung dari jenis kebutuhan dan utilitas masing-masing selotip tersebut.

Hampir semua bidang industri menggunakan lakban atau selotip ini mulai dari perorangan di rumah tangga UKM,Home Industri,Jasa Keamanan,Jasa Ekspedisi hingga perusahaan fabrikasi skala besarpun

Berikut ada 13 jenis lakban kami bedakan berdasar kebutuhan hingga kegunaan.

OPP Tape
Jenis OPP Packaging Tape / Lakban Packing atau yang biasa kita jumpai yaitu, Lakban Bening atau lakban coklat, benda yang satu ini sangat mudah kita lihat aman di gunakan,bagi ibu rumah tangga,anak kos yang ingin pindah hingga anda yang akan mudik atau malah merantau untuk mengemas barang sedemikian banyak,lakban adalah kebutuhan pokok anda.

Stationary Tape
Lakban jenis ini,sebenarnya tidak beda dengan OPP Package Tape hanya di ukuran saja,yang lebih mungil segenggaman tangan umumnya di pakai untuk merekatkan kertas,poster,menambal lubang kecil dan tentu banyak lagi kegunannya,dari fisik,umumnya lakban ini juga bening.

Lakban Listrik
Atau yang biasa di sebut Electrical Tape atau Solasi Kabel umumnya berwarna hitam,bahan dasar jenis karet sesuai karakteristik karet yang dapat meredam aliran listrik sangat lazim di gunakan sebagai penyambung kabel dengan ukuran kabel dan voltase standar rumah tangga atau small office home office.

Lakban Kain
Dari namanya,lakban ini di cipta dari kain sering di pakai untuk penjilidan buku untuk jenis kerekatan pada lakban ini sangatlah kuat karena barang dengan bahan dasar kaca atau aluminium sekalipun dapat di cengkram kuat.

Double Tape
Selain Stationary Tape yang kecil,jenis lakban ini juga cocok untuk menempelkan poster sebagai penghias dinding kamar rumah anda jenis lakban ini fisiknya tipis seperti daun
dengan kedua sisinya yang di beri lem sangat kuat dapat menempelkan barang dengan bahan dasar kertas dari depan belakang.

Double Tape Busa
Yang ini tak berbeda dengan double tape hanya saja penggunaan untuk foam/bisa tipis yang ketebalannya hingga mencapa 2mm double tape jenis ini seringkali di gunakan untuk merekatkan
medan yang tidak memiliki kerataan atas permukaan medan/benda itu sendiri
karena memiliki daya rekat yang lebih kuat dari sekedar lakban bening biasa.

Lakban Kerajinan
Lakban tipe ini masih sejenis dengan lakban stationary ada yang dari kertas ada yang bahan dasarnya dari plastik namun memberi kesan indah untuk hiasan suatu benda contoh kertas kado.

Lakban Kertas
Seringnya di sebut Masking Tape biasanya memiliki warna netral berbahan kertas krep, yang memiliki karakteristik sebagai perekat temporer, atau yang mudah di lepas dan tidak meninggalkan bekas rekatan umumnya di pakai untuk cat baik dinding maupun fresh cat.

Food Grade Tape
Khusus isolasi yang ini sering di gunakan untuk pengemasan makanan atau pengolahan makanan yang seringkali untuk hiasan roti namun plastik untuk menahan/mengisi adonan makanan tetap harus di beri rekatan,agar tidak meluber atau tumpah Di gunakanlah lakban jenis ini

Lakban Cetak
Atau yang biasa di sebut Printed Tape / Lakban Printing yang seringkali di beri logo sebuah brand perusahaan umumnya di gunakan oleh Industri skala Besar yang memberi tulisan tertentu atau mode promosi di lakban tersebut yang apabila sebagai segel juga tampak sebagai media promosi
dari sebuah brand,seringnya di gunakan oleh perusahaan Ekspedisi atau Jasa Pengiriman,kelemahan dari lakban ini adalah tidak mudah di dapat,karena harus di buat sesuai cetak/pesanana.

Aluminium Foil
Lakban yang berbahan dasar alumimium foil sangat cocok apabila di gunakan sebagai pelapis
yang bersifat meredam benda-benda penghantar panas atau malah sebagai gainer signal
jika di area penduduk pegunungan signal antena TV seringkali di lapisi oleh lakban jenis ini.

PVC Tape
Lakban ini sangat tidak asing bagi para pekerja bangunan khususnya yang berkaitan dengan air atau pemipaan di karenakan lakban PVC ini sering di pakai untuk menyambungkan pipa yang menyalurkan air,demi menghindari kebocoran air dari pipa tersebut.

Medical Tape Grade
Kekhususan selain untuk makanan,untuk benda berbahan panas tentu untuk kesehatan yang berkenaan dengan daerah vital manusia Lakban juga di ciptaan secara khussu demi menjaga kesterilannya

Tampak serupa tapi tak sama,lakban jenis ini juga tak berwarna dan terlihat bening
seperti OPP atau stationary tape tapi lebih rekat dari pada itu semua,karena sering di tempelkan pada kulit apabila manusia sedang di infus agar jarum infus yang menancap di pembuluh darah tidak mudah goyah Lakban jenis ini tidak di jual bebas karena hanya ada di toko alat kesehatan

Demikian tadi Mengenal 13 Jenis Lakban dan Beberapa Kegunaannya, semoga bermanfaat. APabila Anda membutuhkan produk OPP Tape silakan menghubungi Megumiplastics. Kalau untuk kebutuhan percetakaan bisa lihat isolasi tahan panas. Kalau butuh produk packaging bisa lihat pallet plastik.