ads slot

Latest Posts:

Listrik Statis Ancaman Tak Takterduga di Mesin Rotogravure

Rotogravureindonesia.co.id - Apa itu listrik statis? Pengetahuan mengenai Listrik statis selama ini tidak banyak berkembang karena, secara historis, itu tidak dianggap berguna - Hal ini berbanding terbalik dengan listrik yang saat ini sudah dikenal, yaitu: memiliki banyak kegunaan untuk manusia dalam menyediakan energi dan daya. Apakah Anda tahu kalau listrik statis ini juga bisa menimbulkan kerugian bahkan ancaman?

Sejak 1940-an, penggunaan teknologi baru terhadap industri plastik telah menjadikan elektrostatik sebagai area yang lebih banyak diteliti, tetapi tingkat pengetahuan umum tentang listrik statis masih sangat rendah. Padahal, ada ancaman-ancaman serius yang bisa ditimbulkan dari listrik statis yang berpotensi bisa menimbulkan masalah besar yang tidak terduga, seperti ancaman keamanan operator atau kebakaran.



Apa itu Listrik Statis?

Listrik statis adalah suatu kumpulan muatan listrik dalam jumlah tertentu yang tidak mengalir atau tetap (statis), tapi jika terjadi pengosongan muatan akan memakan waktu yang cukup singkat. Atau definisi listrik statis yang lainnya yaitu suatu fenomena kelistrikan yang dimana muatan listriknya tidak bergerak dan biasanya terdapat pada benda yang bermuatan listrik.

Listrik Statis Ancaman Tak Takterduga di Mesin Rotogravure
Dapat dikatakan juga listrik statis timbul karena adanya fenomena dimana benda-benda yang memiliki aliran listrik saling berpautan tanpa adanya sumber daya listrik atau dengan kata lain benda tersebut dapat menghasilkan proton maupun elektron tanpa menggunakan elemen pembangkit energi listrik. Listrik statis dapat ditimbulkan oleh dua benda yang memiliki muatan listrik berbeda

Ketidak seimbangan listrik pada permukaan material yang bisa berefek terhadap benda-benda di sekitarnya. Ketidakseimbangan ini terjadi ketika sebuah atom (atau molekul) mendapatkan atau kehilangan sebuah elektron. Biasanya atom berada dalam kesetimbangan dengan jumlah proton positif yang sama di tengah-tengah atom dan elektron.

Elektron mudah berpindah dari satu atom ke atom lainnya. Mereka membentuk ion positif (di mana elektron hilang) atau ion negatif (elektron tunggal, atau atom dengan elektron ekstra). Ketika ketidakseimbangan ini terjadi itu disebut listrik statis.

Sebuah elektron memiliki muatan listrik sebesar (-) 1,6 x 10-19 Coulomb. Proton memiliki muatan yang sama dengan polaritas positif. Muatan statis dalam Coulomb berbanding lurus dengan surplus atau defisit elektron, yaitu jumlah yang tidak seimbang



Ion positif memiliki elektron yang hilang. Sehingga dapat dengan mudah menerima elektron dari muatan statis negatif: Ion negatif dapat berupa elektron tunggal atau atom / molekul dengan terlalu banyak elektron:
Ion. Coulomb adalah unit dasar dari muatan listrik yang mewakili surplus atau defisit elektron. (Ampere arus adalah pergerakan 1 Coulomb muatan per detik).

Bagaimana Listrik Statis Dihasilkan? Penyebab utama listrik statik adalah:
1.  Kontak dan Pemisahan antara dua bahan (termasuk gesekan, bepergian rol dll).
2. Perubahan panas yang cepat (misalnya Bahan melalui oven)
3. Radiasi energi tinggi, UV, x-ray, medan listrik yang intens (tidak sangat umum di industri)
4. Bagian pemotongan (mis. Pemotong slitter atau sheet): Mesin slitting.
5. Induction (berdiri di medan listrik yang dihasilkan oleh muatan statis)

Kontak dan pemisahan mungkin merupakan penyebab statis paling umum dalam industri tempat film dan lembaran diproses. Itu terjadi ketika bahan terlepas atau melewati roller. Proses ini tidak sepenuhnya dipahami, tetapi penjelasan paling jelas tentang bagaimana statis dihasilkan di sini adalah analogi dengan kapasitor pelat di mana energi mekanik untuk memisahkan pelat kapasitor diubah menjadi energi listrik:

Ketika material menyentuh roller, muatan kecil mengalir dari material ke roller menyebabkan ketidakseimbangan. Saat material meninggalkan roller, tegangan diperbesar seperti pelat pemisah kapasitor.

Ukuran tegangan yang dihasilkan terbatas dalam praktiknya oleh kekuatan pemecahan bahan sekitarnya, konduksi permukaan dll. Anda sering mendengar retakan kecil, atau muatan statis, saat bahan meninggalkan roller.

Di sinilah statis telah mencapai kekuatan gangguan udara di sekitarnya.
Masalah statis muncul di mana produk memiliki kemampuan untuk menyimpan muatan yang cukup besar dan ada tegangan tinggi. Masalah statis akan menunjukkan dirinya dalam bentuk percikan, tolakan elektrostatik / tarik atau guncangan ke operator.

Pengukuran Listrik Statis
Mengukur listrik statis adalah penting. Ini memungkinkan Anda untuk melihat apakah ada listrik statis, ukurannya dan di mana ia dihasilkan. Ketika film terpisah dari elektron roller mengalir ke film memberikan muatan negatif. Muatan positif pada rol akan hilang dengan cepat jika itu adalah rol logam yang dibumikan.

Terlihat sebelumnya bahwa listrik statis sebenarnya adalah surplus atau defisit elektron yang diukur dalam Coulomb. Karena tidak mungkin untuk mengukur muatan pada bahan dalam Coulomb, kekuatan medan listrik atau tegangan permukaan yang terkait dengan muatan statis diukur. Ini adalah metode pengukuran statis yang diterima di industri.

Listrik Statis Ancaman Tak Takterduga di Mesin Rotogravure


Oleh karena itu, untuk mengetahui apakah mesin rotogravure printing Anda mengeluarkan atau mengandung listrik statis yang tinggi atau rendah Anda bisa gunakan Static Mater 715.Statik Meter mudah digunakan dan sangat berguna menganalisis masalah.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang listrik statis, bahanya, Segera hubungi kami PT Victory Blessings Indonesia.
Jangan lupa artikel berikutnya adalah cara mengatasi listrik stati di mesin rotigravure. 
Yang membutuhkan alas untuk kebutuhan hasil printing bisa gunakan pallet plastik.
Share on Google Plus

About Rotogravure Indoenesia

Rotogravureindonesia menjual mesin dan spare part rotogravure printing. Stroboscope, Stroboscope Led, Stroboscope Gun Tape, Stroboscope Multi Line, Spiral Roll, Anti Static, Ink Pump Murah, Pompa Tinta, Zhan Cup, Teflon Tape, Blanket, Recover Roll, Katsura Roller, Rotary Blade, Din Cup.
    Blogger Comment
    Facebook Comment